tentang variety show, serial drama serta film dari kacamata penontonnya

Wednesday, April 19, 2017

[Review] K-Movie: The King (2017)


The King
Poster The King
The King, ketika pertama kali aku membaca judul dari film ini aku kira film ini bercerita tentang kerajaan dan bersetting masa-masa kerajaan gitu. Ternyata aku salah sangka. Film ini bersetting modern dan berkisah seputar jaksa dan politik. Film ini dibintangi oleh jajaran aktor top Korea yaitu Jo In Sung, Jung Woo Sung dan Bae Sung Woo. Film ini juga dibintangi oleh bintang Reply 1988 yang sedang naik daun waktu itu yaitu Ryu Jun Yeol. Nonton Jo In Sung dan Jung Woo Sung dalam satu film euy… kapan lagi kan ya… Hahaha. Sungguh kombinasi visual yang begitu menarik. Sulit milihnya, sama-sama cakep. Hahaha. Tapi, disini Jo In Sung yang menjadi tokoh center nya.

The King berkisah tentang Park Tae Soo (Jo In Sung) yang lahir dari keluarga miskin, memutuskan untuk menjadi seorang jaksa setelah mengetahui bahwa kekuasaan adalah hal yang paling penting dalam hidup dan merupakan simbol terbesar kekuasaan pada dasawarsa tahun 1990-an. Awalnya dia hanyalah seorang preman sekolah yang nggak serius belajar tapi setelah ingin menjadi jaksa dia pun belajar dengan serius untuk mewujudkan keinginannya itu. Gaya belajarnya Tae Soo lucu. Yang dia pelajari bisa masuk ke otaknya kalau dia belajar di tempat yang ramai. Jadilah dia belajar di tengah tawuran. Hahaha. Dan ketika hasil ujian dibagikan Gurunya nggak percaya kalau dia dapat nilai yang bagus. Dia dikira mencontek dan yang ada dia juga dipukuli oleh gurunya itu. Tae Soo kemudian diminta untuk mengikuti ujian ulang sendiri dan barulah gurunya bisa percaya kalau dia nilainya bagus karena hasil usahanya sendiri. Sebagai permintaan maaf, Tae Soo ditraktir makan oleh Gurunya. Hahaha. Awal-awal film ini memang kayak narasi gitu. Lumayan panjang juga.

Jo In Sung as Park Tae Soo
Jo In Sung as Park Tae Soo

Jung Woo Sung
Jung Woo Sung
The King

The King


Setelah memasuki sekolah hukum paling bergengsi, Tae Soo akhirnya mencapai tujuannya menjadi jaksa tapi hidupnya tidak lebih baik dari seorang pegawai honorer. Sebagai jaksa pada awalnya sebenarnya dia merupakan jaksa yang lurus sampai pada suatu kasus membawanya berkenalan dengan Yang Dong Chul (Bae Sung Woo). Melalui Yang Dong Chul, Tae Soo dikenalan dengan Han Kang Sik (Jung Woo Seong) yang merupakan jaksa senior yang disegani. Karena tergoda akan sebuah kekuasaan dan kehormatan akhirnya Tae Soo bergabung dengan kelompok jaksa yang kuat dengan kekayaan dan wewenang. Dia akhirnya menikmati hidup sebagai orang yang memiliki kekuasaan hirarki, tetapi karena ia terlalu terbuai oleh manisnya kehormatan, dari situ dia juga harus melihat sisi lain kehidupan yang kejam. Di tempat berkumpulnya kelompok jaksa itu Tae Soo bertemu dengan teman lamanya dulu yang bernama Choi Doo Il (Ryu Jun Yool) yang bekerja sebagai anak buah gangster tapi dia juga ingin lepas dari boss nya dan punya kelompok sendiri. Cho Doo Il banyak menolong Tae Soo.
Tae Soo dan Doo Il
Tae Soo dan Doo Il

Dalam politik memanglah seperti itu. Orang-orang sangat haus kekuasaan dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya. Memanfaatkan orang lain tapi setelah berhasil mencapai yang diinginkan orang yang dibawahnya dicampakkan begitu saja karena dianggap kalau sudah tidak berguna. Begitulah yang terjadi pada Tae Soo. Tapi, Tae Soo nggak mau terpuruk terus akhirnya dia melancarkan usaha balas dendam ke Han Kang Shik. Hahaha.

No comments:

Post a Comment